jump to navigation

Kemenangan Barack Obama (McCain sportif banget..) November 10, 2008

Posted by atyaga1177 in Democracy, McCain, Obama.
Tags:
trackback

Setelah melihat hasil perhitungan suara dan Obama dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Presiden Amerika , McCain menyampaikan pidato kekalahannya dan memberikan selamat kepada Obama.

Saat ini, Amerika sedang berada di masa sulit. Malam ini saya berjanji akan membantu dia (Obama) menghadapi segala tantangan. Saya imbau seluruh warga Amerika Serikat tak hanya memberi selamat, tetapi juga ikut bekerja sama menemukan jalan guna kemajuan Amerika. Wajar jika malam ini kita kecewa, tetapi esok kita harus tetap maju dan bekerja sama demi Amerika Serikat.”

“ Saya dan Obama memiliki argument yang berbeda dan kami sama-sama berupaya untuk menang dalam pemilihan umum ini. Akan tetapi kita adalah satu kesatuan, Amerika

(sumber : PIKIRAN RAKYAT halaman 7, 6 Nov 2008)

Terus terang saya terharu membaca pidato McCain ini, begitu sportifnya. Pikiranku langsung ke negeriku, Indonesia. Kapan kita seperti ini, masih jauhkah perjalanan negeriku ini menuju demokrasi yang sebenarnya ? Apakah para pimpinan di Negaraku ini merasa malu melihat kejadian yang sering terjadi di negeri ini ? Saling serang satu sama lain, setelah kekalahan pemilihan kepala daerah atau presiden. Kalau saling serang itu antara pimpinannya, saya masih bias mengerti, hanya melibatkan 1 lawan 1 atau 2 lawan 2, tapi yang terjadi adalah saling serang antar pendukungnya. Bayangkan, dengan mengatasnamakan loyalitas kepada pimpinannya, pendukungnya di adu dengan polisi, di adu antara masyarakat dengan masyarakat. Kenapa tidak pimpinannya saja yang berkelahi.

Tahun 2009, Indonesia akan mengadakan pemilihan umum, baik pemilihan anggota legislative maupun pemilihan presiden. Dapat dibayangkan, apabila para tokoh politik masih tetap dengan egonya atau masih mementingkan kelompoknya, berapa ratus, masyarakat yang terluka.

Memang benar, sistemnya belum sempurna tapi bukan berarti kalau kalah, mengerahkan pendukungnya untuk saling menyerang, tapi seharusnya perbaiki sistemnya sama-sama. Lihat dari kepentingan Negara, bukan kepentingan kelompoknya.

It’s time to Act…

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: